Minggu, 12 Desember 2010

Melihat Peluang & Perkembangan Industri Kreatif

Bila melihat pada abad ke 18 silam, roda kehidupan dan perekonomian ditopang oleh pertanian. Pada jaman ini disebut sebagai Agricultural Age. Abad 19 ditandai dengan revolusi industry dimana pabrik-pabrik menjadi penopang pusat perekonomian. Jaman ini dinamakan Industrial Age. Sementara pada abad 21 ini ditandai dengan jaman perputaran informasi, informasi menjadi sebuah kebutuhan dan ICT (Information Communication and Technology) mengalami perkembangan yang luar biasa di jaman ini.

Perkembangan dunia ICT khususnya perkembangan teknologi internet juga berdampak terhadap perkembangan industry kreatif. Industry kreatif ditandai dengan munculnya sekelompok kecil orang yang memiliki skill dan gagasan yang sangat inovatif.

Di Indonesia terdapat banyak jenis industry kreatif yang saat ini sedang berkembang pesat.

1. Advertising

Kegiatan kreatif untuk memperkenalkan sebuah produk atau layanan dengan bahasa iklan. Pengkomunikasian dilakukan baik secara fisik dengan menampilkan di media cetak, media massa, dan dari dunia maya (melalui internet). Kegiatan advertising saat ini juga banyak menggunakan social network sebagai medianya. Beberapa perusahaan menggunakan twitter untuk mengkomunikasikan produk atau layanan yang mereka hasilkan dan meng-campaign sebuah event atau acara. Online advertising yang banyak dilakukan saat ini terbukti berhasil menarik minat calon customer dan membangun brand image sebuah perusahaan atau produk/layanan.

2. Antiques

Barang-barang antik yang merupakan peninggalan tradisi leluhur dengan nilai yang sangat tinggi juga membangkitkan bisnis industri kreatif. Internet merupakan salah satu media yang digunakan untuk menjual barang-barang antik ini. Beberapa situs/website memajang dan memamerkan benda-benda antik yang akan dijual secara komersial.

3. Architechture

Kegiatan kreatif untuk mendesain bangunan perumahan, high risk building, konstruksi , atau tata letak kota. Kemajuan teknologi saat ini menjadi salah satu generator yang membangkitkan perkembangan dunia arsitektur.

4. Computer Service and Software

Kegiatan kreatif yang berhubungan dengan pengembangan teknologi informasi, merancang peranti lunak (software) baru, termasuk mendesain portal. Bisnis portal merupakan salah satu bisnis yang sangat berkembang saat ini. Berbagai jenis portal dibangun dengan berbagai kepentingan.

5. Design

Kegiatan kreatif untuk mendesain berbagai macam desain-desain grafis, desain interior ruangan, desain prototype sebuah produk, atau desain iklan .

6. Fashion

Kegiatan kreatif untuk menciptakan berbagai macam produk fashion. Baik Design dan Fashion kini semakin berkembang dengan penggunaan internet sebagai media campaign iklan dan sebagai media jual beli antar pembeli dan desainer.

7. InteractiveGames
Kegiatan kreatif untuk menciptakan games interaktif baru yang dapat dinikmati secara offline maupun online (games online). Salah satu pengelola games yang cukup terkenal di Indonesia adalah Nusantara Online. Games yang diciptakan mengusung tema Indonesia dimana karakter-karakter yang ada di games mengadopsi tokoh pewayangan dan latar belakang kerajaan. Melihat perkembangan bisnis games online yang cukup menjanjikan, Telkom melalui Speedy memberikan fasilitas kepada pecinta games online untuk menikmati berbagai macam games menarik melalui situs Speedy Games.

8. Music

Kegiatan kreatif untuk menciptakan peluang bisnis yang berhubungan dengan musik. Salah satu bisnis kreatif yang di generate oleh konten musik adalah portal musik. Portal musik adalah sebuah portal yang memberikan fasilitas pembelian lagu dengan mendownload, streaming video musik, maupun RBT (Ring Back Tone). Portal musik menjadi sarana bagi insan pelaku musik untuk menjual hasil karya mereka secara legal. Portal musik menjadi salah satu generator yang menggerakkan perkembangan industri musik di Indonesia.

9. Television & Radio

Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha mengemas dan memproduksi sebuah siaran televisi maupun radio. Siaran radio maupun televisi tidak melulu dapat dinikmati melalui media fisik televisi maupun radio tetapi juga melalui akses internet.

10.Video, Film

Kegiatan kreatif dalam menciptakan, mengedit, dan menyempurnakan sebuah video, film, maupun fotografi. Perkembangan industri film Indonesia yang semakin pesat menggugah pembuatan video ataupun film baik film pendek, maupun dokumenter semakin banyak jumlahnya.

11. Online Shopping

Satu lagi contoh industri kreatif yang memanfaatkan teknologi informasi secara online dan realtime yaitu Online Shopping. Saat ini bisnis online menjadi bisnis yang sangat menjanjikan karena pangsa pasar untuk bisnis ini sangat besar sementara modal yang digunakan juga tidak terlalu besar karena tidak membutuhkan toko secara fisik untuk menjual barang atau jasa. Plasa.com adalah salah satu contoh online shopping yang menyediakan ribuan merchants untuk dijual secara online dan aman. Plasa.com didukung penuh oleh Telkom Indonesia sehingga keamanan dalam bertransaksi dijamin penuh.

Telkom melalui portal web www.pasarkreasi.com mencoba mengembangkan idustri kreatif di Indonesia. Pasarkreasi.com merupakan situs yang dipersembahkan oleh Indonesia Digital Community (Indigo) yang menyediakan wadah untuk menampilkan karya anak bangsa dalam bidang digital creative di Indonesia. Konten-konten yang dicoba untuk dikembangkan adalah game, edutainment, music, animation, graphic design, dan photography.





Tidak ada komentar: