Minggu, 12 Desember 2010

Internet for Teacher "Membangun Generasi Masa Depan"

Guru adalah salah satu pihak yang sangat berpengaruh dalam membangun dan membentuk pemimpin-pemimpin masa depan. Sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, guru setiap saat memiliki tanggung jawab besar dalam membentuk karakter, pribadi, serta pemenuhan knowledge / pengetahuan bagi anak-anak bangsa. Untuk itulah guru secara teknis harus selalu melakukan improvement terhadap pengetahuan yang mereka miliki guna mengikuti tuntutan perkembangan jaman yang terus bergerak secara dinamis. Internet sebagai bagian dari kemajuan dunia ICT (Information, Communication, and Technology), akan membantu memberikan ruang yang luas bagi guru untuk secara berkelanjutan menambah pengetahuan.

Ada banyak informasi yang berguna yang dapat diakses setiap guru melalui internet, misalnya guru dapat memperoleh informasi apapun yang mereka butuhkan melalui google.com, informasi mengenai perkembangan berita seputar yang teradi di Indonesia maupun di dunia melalui detik.com, kompas.com, cnn.com, dan situs-situs informatif lainnya.

Akses yang juga dapat diperoleh guru melalui internet adalah Online Library (Perpustakaan Online), Online Journal (Jurnal Online), Online Courses (Kursus Online), Edutainment (Education Entertainment), dan informasi lainnya.

Online Library

Online Library adalah perpustakaan yang dikelola secara online (melalui internet) yang memberikan fasilitas bacaan dari buku (e-book), jurnal, maupun essay.

Beberapa online library memberikan fasilitas untuk mendownload e-book secara gratis. Online library ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru untuk menambah referensi yang berguna untuk membantu proses belajar mengajar di kelas. Salah satu contoh online library adalah http://pustaka-ebook.com/.

e-book (electronic book)/buku digital adalah buku yang disajikan dalam tampilan digital dan dibaca melalui computer atau peralatan digital lainnya (misal ipad).

e-book biasanya dibaca melalui hardware seperti e-readers, atau e-book devices lainnya. E-book memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan buku biasa, dilengkapi dengan fitur pencarian, dan e-book dapat menyimpan ribuan bahkan ratusan ribu lebih buku elektronik. Format tulisan dalam e-book antara lain PDF, JPEG, HTML.

Departemen Pendidikan Nasional secara langsung juga memfasilitasi buku elektronik yang dapat diakses melalui internet. BSE atau Buku Sekolah Elektronik adalah Program Inisiatif dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia yang bertujuan untuk menyediakan buku ajar elektronik untuk tingkat pendidikan SD, SMP, SMU, dan SMK. BSE dapat diakses melalui http://www.diknas.info/. Mata pelajaran yang dapat diakses melaui BSE adalah : Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PPKn (Untuk Sekolah Dasar/SD), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika (Untuk Sekolah Menengah Pertama/SMP dan Sekolah Menengah Umum/SMU), Akomodasi Perhotelan, Biologi Pertanian, Budidaya Ikan, Fisika Non Teknologi, Ilmu Kesehatan, Ilmu Pengetahuan Alam/Sosial, Kimia Kesehatan, Tata Kecantikan Kulit, dan Teknik Otomasi Industri (Untuk SMK/Sederajat). Selain buku-buku pelajaran sekolah, terdapat juga BSE rujukan bahasa yaitu Kamus Bahasa Indonesia dan Tesaurus Bahasa Indonesia.

e-book dapat di download dari internet baik yang free (gratis) maupun yang berbayar. Beberapa link untuk mendownload e-book berbahasa Indonesia maupun Inggris secara free (gratis) antara lain : http://www.diknas.info/, http://duniadownload.com/, http://www.diknas.info/, http://www.witguides.com/, http://www.getfreeebooks.com/, http://e-library.net/Education.htm.

Online Courses

Online Courses atau Kursus Online merupakan kursus yang dilakukan secara online melalui internet dimana antara pemateri dan peserta kursus tidak bertatap muka secara langsung seperti didalam kelas. Beberapa materi kursus yang biasa difasilitasi melalui Online Courses adalah ‘Kursus Bahasa Asing – Inggris – Mandarin – dll, Kursus Komputer, Kursus Multimedia. Beberapa contoh website yang memberikan fasilitas online courses antara lain http://www.itkomputer.com/, http://englishonline.blogdetik.com/kursus-online/.

Edutainment

Edutainment atau Education Entertainment yaitu sebuah metode untuk menggabungkan konten pendidikan dengan konten entertainment, artinya Edutainment memungkinkan materi pendidikan ditampilkan dengan desain yang lebih menarik, misalnya ditampilkan dengan desain animasi atau desain grafis.

PesonaEdu dan Indi-smart adalah beberapa contoh konten edukasi yang ditampilkan secara lebih interaktif dan menarik. Mengapa dikatakan menarik? Karena kedua konten ini ditampilkan dengan desain animasi visual yang dikemas dengan format kartun sehingga menarik untuk dilihat atau ditonton anak. Anak dapat merasakan kegembiraan ketika mata pelajaran matematika dan fisika yang selama ini dikenal sulit dan membosankan ditampilkan dalam bentuk kartun animasi. Dengan metode ini diharapkan anak dapat belajar mata pelajaran yang dianggap sulit sekalipun dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Kedua konten pendidikan ini dapat diakses melalui http://pesonaedu.com/ dan http://indi-smart.com/ melalui akses internet cepat Speedy. Ada berbagai macam pelajaran yang disediakan dikedua konten edukasi ini.


Kidevo.com adalah website jejaring sosial untuk anak-anak usia sekolah dasar dimana orang tua tidak perlu merasa was-was akan konten yang disuguhkan. Di kidevo.com ini diklasifikasikan 3 type user yaitu murid, orang tua, dan guru sehingga guru dan orang tua dapat mengawasi setiap aktifitas anak-anak.

Bagi guru, kidevo.com ini memiliki banyak fasilitas yang dapat membantu misalnya :

- Kidevo.com menyediakan konten Edukasi khusus untuk Guru. Konten ini berupa Bank Soal dan Materi Ajar dimana guru dapat berkontribusi menambah soal pelajaran dan materi ajar.

- Konten ini disajikan dengan tampilan yang lebih menarik sehingga media belajar menjadi lebih menyenangkan. Untuk kontribusi bank soal dan materi ajar, guru akan mendapatkan kiddos yaitu mata uang yang digunakan dalam Komunitas Speedykids.

Semoga dengan konten-konten pendidikan yang dapat diakses guru melalui internet dapat semakin meningkatkan pengetahuan guru dalam memberikan pembelajaran bagi murid dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

7 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap postingannya gan.......
oia, klo AGAN-AGAN ingin mencari referensi atau paper tentang PERTANIAN
(AGRONOMY ,HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN ,ILMU TANAH,SOSIAL EKONOMI PERTANIAN)
KLIK DISINI GAN...terima kasih atas kunjungannya

n0sKi_Sam mengatakan...

Thanx a lot gan...
Link nya sangat bermanfaat nih...thanx for sharing...keep blogging all...:D

Muhammad nur Akbar 3 mengatakan...

Thank very much this good articles, i'm from asian

brilliant
we have kursus komputer, kursus komputer online, tempat kursus komputer, web design courses, kursus komputer via online, web design course, belajar komputer, les komputer, bimbingan belajar komputer, kuliah komputer

Unknown mengatakan...

trims infonya gan...
kunjungi juga web kami di asian brilliant bisa juga kursus komputer

subowo99blog mengatakan...

manntap infonya gan
tukang taman jakarta
kontraktor taman
taman minimalis
tukang taman
jasa taman

kirim online paket
pengiriman termurah
ekspedisi termurah

jasa pindahan rumah
jasa pindahan
jasa pindahan apartemen
jasa pindahan kantor
jasa pindahan jakarta
jasa pindahan gudang

service ac
service kulkas
service ac jakarta selatan
service mesin cuci
service elektronik

cuci sofa
cuci karpet
cuci karpet kantor
jasa poles marmer
jasa cuci sofa

jasa cuci karpet
cuci karpet
jasa cuci sofa
cuci sofabed
cuci sofa
cuci springbed
jasa poles marmer
cuci kursi kantor

kantor konsultan
konsultan hki
pendaftaran merek
pendaftaran paten

rolling door
folding gate
service rolling door
service folding gate
toko rolling door

sewa mobil yogya
rental mobil jogja
rent car jogja
rental mobil yogyakarta
sewa bus jogja

toko rolling door
rolling door
harga rolling door
rolling door industri

subowo99blog mengatakan...

oke buanget.. hehe mantap pak
rolling door otomatis
rolling door
rolling door industri
harga rolling door
pasang rolling door

sterno gel
sterno jelly
sterno pasta
sterno
sterno medan
sterno makassar

kanopi baja ringan
atap galvalum
rangka baja ringan
atap baja ringan
baja ringan

travel jakarta semarang
travel semarang jakarta
travel semarang

kursus autocad
kursus vray
kursus lumion
kursus sketchup
kursus revit
kontraktor bali
baja bali
baja wf
Plugs sockets
plug socket industrial
konsultan hki
advokat indonesia
kantor konsultan

IT mengatakan...

kursus autocad
les privat
guru les privat
les privat jakarta